Kamis, 10 November 2011

Pengertian dan Perbedaan Swift MT760 dan MT799

Dalam Perdagangan Internasional, ada 2 singkatan yang paling penting dari semua, "MT 760" dan "MT 799

MT 760 (Message Type 760) adalah pesan antar bank untuk memblokir dana atau jaminan yang ditempatkan oleh klien. Tetapi waspadalah bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan bagaimana dana bisa dicairkan. Setelah dana atau jaminan dalam MT760 terproses, maka dapat dicairkan oleh penerima.
Sebuah Swift MT760 adalah Jaminan bank (LC, SBLC, BG) berupa komunikasi melalui surat elektronik antar bank dimana bank penerima bertanggung jawab untuk memblokir sejumlah dana sesuai perintah bank pengirim. MT 760 dikirim atas instruksi dari kliennya (pemohon/penerima) yang menjalankan transaksi tertentu. Artinya dana pemberi pinjaman (lender) telah di blokir di bank mereka dan akan dikirim ke bank penerima melalui pesan bank yang menyatakan bahwa mereka telah memblokir dana untuk kerangka waktu tertentu khusus untuk penerima di bank penerima. Dana tersebut sekarang merupakan aset rekening bank penerima (beneficiary). MT 760 adalah sebuah pesan cepat yang digunakan untuk memblokir dana demi orang lain selain pemiliknya, dimana sang pemilik telah menjaminkan aset mereka melalui pesan ini.
Ketika dana telah diblokir, MT 760 menjamin aset dalam bentuk jaminan cepat, dan dengan demikian memungkinkan penerima untuk menarik kredit. Ini berarti, jika pinjaman kepada trader itu gagal, bank akan menyita jaminan tersebut! Meskipun skenario ini mungkin, tapi harus dipertimbangkan langkah-langkah tersebut karena dua alasan :
1. Saat ini, bank tidak akan memberi pinjaman Jutaan dolar untuk seseorang yang tidak Bankable apalagi belum dikenal, tidak peduli apa jaminan ada di tangan.
2. Kedua, MT.760 cukup langka, dan ini biasanya sangat menarik perhatian si penerima.
Secara ringkas, MT 760 bisa aman atau bisa meledak di wajah Anda. Seperti biasa, kuncinya adalah memiliki pedagang yang nyata dan yang paling penting, mendapatkan pembayaran Anda sesuai jadwal. Jika trader membuat pernyataan tentang hasil dan batas waktu, mereka harus SELALU menjaga akan hal janji-janji mereka. Ingat, RISIKO dan BIAYA adalah bagian dari pemblokiran dana melalui MT 760!!

MT 799 (Message Type 799) adalah teks format bebas sebagai referensi untuk sebuah jaminan atau letter of credit. Jadi teks MT799 bisa apa saja, selama itu berhubungan dengan jaminan atau L/C. Penggunaan MT799 adalah untuk bertukar informasi akan pelaksanaan pembayaran atau penjaminan.
MT799 tidak digunakan untuk mengkonfirmasi bahwa klien mampu akan sesuatu, dan bukan sebagai konfirmasi ketersediaan dana.
MT799 biasanya diterbitkan sebelum kontrak ditandatangani dan sebelum surat jaminan kredit atau bank dikeluarkan. Setelah MT799 diterima oleh bank penjual (bank penerima), biasanya tanggung jawab bank penjual untuk mengirim bukti produk ke bank pembeli, di mana perdagangan akan dimulai.
Metode pembayaran yang umum digunakan adalah surat dokumenter kredit (Documentary Credit) dimana penjual menagih kepada penerbit dengan dokumen pengiriman. Setelah bank menerima dokumen, penjual kemudian dibayar. Metode lainnya adalah dengan menggunakan bank garansi sebagai surat kredit. Hal tersebut biasanya tergantung pada kesepakatan penjual atas metode pembayaran yang akan digunakan.
Singkatnya MT799 adalah pesan otomatis dikirim secara elektronik dari satu bank ke bank lain, sehingga Anda tidak akan benar-benar 'melihat' sebuah MT799 sama sekali. Dokumen yang terkait dengan MT799 akan bervariasi dari bank ke bank, meskipun kebanyakan bank mengikuti format yang sama. Dengan kata lain MT 799 adalah pesan cepat yang digunakan antara bank untuk berkomunikasi dalam bentuk tertulis, dan biasanya disebut sebagai "Pre- advice".

2 komentar:

  1. sy dapat info/data mengenai sebuah perusahaan di indonesia pemilik SBLC Barclays Bank PLC London dengan amount 500 juta euro, apakah mungkin ada seseorang atau atau sebuah perusahaan memiliki dana sebanyak itu?

    BalasHapus
  2. mengapa dana SBLC tersebut tidak dapat dicairkan secara langsung sehingga membutuhkan pemegang line credit?

    BalasHapus