Label

Senin, 11 April 2011

Handphone Pertama



Dr. Martin Cooper, yang merupakan seorang mantan GM salah satu divisi di Motorola, dianggap sebagai penemu handset portabel pertama dan orang pertama yang membuat panggilan pada ponsel, yaitu pada bulan April 1973. Panggilan pertama adalah kepada salah seorang saingannya, Joel Engel, seorang Kepala Penelitian di Bell Labs.
Badan penelitian AT & T, Bell Laboratories, memperkenalkan ide komunikasi selular pada tahun 1947. Tapi Motorola dan Bell Labs pada tahun enam puluhan dan awal tahun tujuh puluhan saling berlomba untuk mengembangkan teknologi tersebut untuk menjadi perangkat portabel.
Pada saat dia menjadi manajer proyek di Motorola pada tahun 1973, Cooper mendirikan base station di New York dengan membangun prototipe telepon selular pertama, yaitu Motorola Dyna-Tac. Setelah beberapa pengujian awal di Washington untuk FCC, Mbah Cooper dan Motorola membawa teknologi telepon ke New York untuk ditunjukkan kepada publik.


Beberapa prototype Dyna-Tac telah dibuat antara 1973 samapi 1983. Produk yang diterima FCC seberat 793 gram dengan tinggi 25 cm, belum termasuk antenna fleksibel-nya. Device ini mempunyai 12 tombol keypad dengan 9 tombol tambahan khusus yaitu: Rcl (recall), Clr (Clear), Snd (Send), Sto (Store), Fcn, (Function), End (End), Pwr (Power), Lock (Lock) dan Vol (Volume).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar